Membuat Blog WordPress Menjadi Lebih SEO Friendly

Kita telah mengetahui bahwa Search Engine menyukai sebuah blog yang relevan dan informatif, jika blog kamu selalu up-to-date jelas itu akan sangat disukai SE. Lalu bagaimana jika kita tidak selalu bisa mengupdate blog setiap hari? Artikel ini akan memberikan sedikit tips yang membantu agar Blog WordPress kamu menjadi lebih SEO Friendly.

Secara default, WordPress memberikan kemudahan untuk merubah sektor-sektor penting agar menjadi lebih SEO-Friendly. Jadi apa saja langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat blog menjadi SEO Friendly?

1. Gunakan Theme yang SEO friendly untuk blog kamu. Contohnya seperti yang Ciduh gunakan sekarang yaitu Hybrid.

2. Jangan menggunakan terlalu banyak gambar. Jika memang membutuhkan penambahan gambar, silahkan tambahkan namun jangan terlalu banyak saja. Berikan tag alt agar SE lebih mudah membacanya.

3. Buatlah bagian arsip blog / sitemap yang mungkin sangat berguna jika pengunjung ingin membaca tulisan-tulisan lama.

4. Tampilkan Recent Posts di sidebar. Tujuannya agar pengunjung akan lebih cepat menemukan post terbaru blog kamu tanpa melihat tanggal di posting karena akan membuang-buang waktu.

5. Tawarkan pengunjung untuk Berlangganan / Subscribe. Baik melalui Feed atau Email. Itu berguna agar orang yang berlangganan tahu jika blog kamu update. Dapat dipastikan mereka akan langsung menuju blog kamu.

6. Membuat file sitemap.xml ke Google dan Yahoo. Ini akan membuat Spider Google dan Yahoo meng-Crawl URL di blog secara cepat dan teratur.

7. Pastikan bahwa kamu telah mengaktifkan opsi komentar. Komentar dapat membantu dalam banyak hal, terutama untuk mendapatkan Feedback dari para pengunjung.

8. Konsisten dengan Topic blog. Bayangkan jika sudah hampir 1 tahun blog kamu menulis tentang Otomotif, lalu kamu mempublish artikel mengenai SEO, Masakan, dan lainnya yang tidak berhubungan dengan topik. Itu akan membuat SE dan pengunjung bingung pada blog kamu. Terutama pengunjung setia blog kamu mulai tidak menyukai blog kamu lagi karena topik yang tidak konsisten.

9. Hindari duplikat konten. Ini tidak disukai oleh SE. Menemukan artikel yang sama di blog yang sama? Menyebalkan bukan?

10. Gunakan tag dengan benar dan sesuai. Jangan memberikan tag yang diluar konten tersebut. Anda menulis mengenai Mobil dan memberi tag home . Itu tidak relevan.

11. Buat judul yang tepat dan relevan dengan posting blog. Buatlah judul yang membuat pengunjung penasaran dan tertarik untuk membacanya. Tapi harus relevan dengan isinya. Juga masukkan Keywords sebanyak mungkin agar bisa mudah tampil di Search Result.

12. Mengintegrasikan jejaring sosial dengan blog. Link ke beberapa situs jejaring sosial terkemuka dapat menambahkan lebih banyak pengunjung dan Feedback. Sebagian besar blog sekarang memiliki Link ke jejaring sosial seperti MySpace, Facebook, Linkedin, Twitter dan lainnya.

13. Publish konten dengan teratur. Dengan sering mengupdate blog SE akan memberikan blog kamu kredibilitas yang tinggi. Pengunjung pun tidak akan bosan mengunjungi blog kamu karena selalu terupdate.

14. Buat konten yang asli. Bagi saya asli disini adalah menulis dengan gaya bahasa sendiri. Kamu boleh mencari inspirasi dari blog-blog ternama dan menulisnya kembali. Itu tidak dilarang asalkan gunakan gaya bahasa sendiri.

15. Gunakan Permalinks yang SEO Friendly. Membantu sekali ketika pengunjung mengetikkan Keywords di Search Engine.

Itu dia beberapa tips dari saya untuk pembaca setiap blog ini. Semoga menambah wawasan untuk para blogger yang masih baru di dunia blog.

Artikel lainnya:

0 Replies to “Membuat Blog WordPress Menjadi Lebih SEO Friendly”

  1. Maaf mas mau tanya,untuk pengaturan tag di postingan agar seo friendly gimana cara nya yah? Soalnya terkadang hampir semua tag keluar dengan 1 kata kunci,atau jika ada plugin tlog di share di postingan,saya pernah coba pake plugin taging 2 tapi ga bisa aktif,dan uda cri ke google tapi ga ketemu2,jika ada mohon di share kan terima kasih! Di tunggu balesan nya mas,nuwun!

    1. Tag di postingan? Biasanya saya ngasih tag yang berkaitan sama tulisan itu, misalnya ada kata-kata mengenai wordpress, saya langsung kasih tag ‘wordpress’ sebelum di publish, dan seterusnya.
      Saya belum pernah memakai plugin, karena seperta yang kamu tau, saya menggunakan wordpress.com, dimana tidak di ijinkan menggunakan plugin, tapi alhamdulillah pengunjung tetap optimal. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *