Mengenai Google+

Sudah mendengar Google+, kan? ini adalah jaringan sosial milik Google yang katanya sih untuk ‘membunuh’ facebook. Beberapa hari yang lalu saya penasaran untuk mencobanya, lebih mengetahui fitur dan kehebatan yang dimilikinya. Apakah benar G+ (begitu saya memanggilnya) akan ‘membunuh’ facebook?

Apa yang membedakan jaringan sosial ini, Google+?

Dalam kehidupan sehari-hari kita memiliki hubungan dengan semua orang, baik itu keluarga, teman, rekan kerja, bos, dan relasi lainnya yang tidak bisa kita samakan begitu saja dan hanya menganggap mereka ‘teman’ di jaringan sosial.

Google+ membedakan relasi yang kita jalin dengan seseorang, dengan adanya fitur Circle. Tentu hubungan kita dengan keluarga akan berbeda dengan hubungan teman, rekan kerja, bos, dll. Nah, kita bisa membedakan mana circle keluarga, circle teman, circle rekan kerja, dll.

Kalau bahasa gampangnya sih circle itu seperti kategori di blog, kategori mobil berbeda isinya dengan kategori motor kan? begitulah kira-kira.

Berikutnya adalah Hangouts, evolusi dari chat room yang membosankan. Ini merupakan video call, video conference, atau apapun kamu menyebutnya. Ngobrol bersama teman langsung melalui webcam, tidak hanya 2 orang saja, siapapun bisa join dan hangouts bersama. Tapi, untuk chat room biasa juga tersedia.

Instan Upload, uploading foto lebih cepat karena bisa langsung dari Handphone kamu, terutama berbasis Android. Aplikasinya pun tersedia. Tapi, kedepannya Google akan mengembangkan fitur instant upload ini untuk platform handphone lainnya.

Terkesan seperti Twitter, karena google+ memiliki Mention. Tapi itu lebih baik agar Streams terus berjalan.

Animasi menarik membuat saya betah berlama-lama di google+, meski sering menemui sedikit bug tapi itu tidak masalah karena engineer google selalu cepat menangani hal-hal semacam itu.

Oh iya, bergabung ke Google+ berarti terintegrasi dengan semua layanan google seperti Gmail, Google Webmaster, Analytics, dll. Cukup 1 email untuk semua layanan Google.

Pendaftaraan Google+ untuk saat ini belum dibuka untuk umum, hanya melalui invitation saja. Yang ingin merasakan dan penasaran seperti apa itu Google+ silahkan hubungi saya untuk invitation. Terimakasih.

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *