Pentingnya Konten Blog

Pernah menemukan blog yang tampilannya berantakan namun pengunjung perharinya mencapai puluhan ribu? Ya, Puluhan Ribu, saya tidak salah ketik atau melebih-lebihkan. Apa sih yang membuat blog seperti itu terus kedatangan trafik? Apalagi kalau bukan karena konten alias isi dari blog tersebut yang memiliki kualitas.

Disamping itu, ada juga blog yang berpenampilan begitu cantik, indah dan nyaman dipandang tapi yang mengunjunginya jarang, bahkan tidak ada. Banyak blog seperti itu sekarang ini. Pemilik blog biasanya hanya memikirkan tampilan tanpa memikirkan mengisi konten untuk blognya.

Blog yang baik selalu membahas sesuatu dengan tetap konsisten dan fokus pada niche-nya. Hal ini akan menimbulkan diskusi pada blog, terutama kolom komentar antara pembaca, pembaca lain dan pemilik blog. Selain itu, pembaca yang terlibat dengan diskusi di blog ber-niche akan terus kembali, memberikan trackbacks, backlink dari blog yang relevan, dan mendapat peringkat tinggi di SERP.

Jika pemilik blog ingin memonetize blognya maka yang sangat dibutuhkan adalah trafik yang sdan konten adalah #1 trafik generator. Itu Fakta.

Dari mana kita bisa mempunyai konten yang berkualitas dan original?

Menulis sendiri

Ini adalah langkah paling mudah dan murah untuk mengisi konten blog kamu. Konten yang ditulis tidak perlu begitu panjang (400-800 kata cukup panjang) dan tidak terlalu spesifik (kecuali jika blog kamu membahas hal yang bersifat teknis dan mesti spesifik).

Bahasan yang kamu tulis sebaiknya kamu kuasai, ini mencegah rasa bosan dan kebingungan ketika hendak mengupdate konten selanjutnya. Tentu saja, menulis konten sendiri dibutuhkan sedikit keahlian dalam menulis.

Tidak cukup ahli dalam menulis? Kamu bisa membertimbangkan untuk…

Menggunakan konten gratis

Artikel direktori memiliki segudang konten yang fresh dalam berbagai topik. Hal yang kamu lakukan adalah Copy-Paste dan publikasikan kembali konten tersebut di blog kamu. Tentu saja dengan menyertakan link sumber pada artikel tersebut.

Menyalin artikel orang? Bukannya itu melanggar hak cipta?
Tidak selama kita memberikan link sumber pada artikel aslinya / meminta ijin kepada yang mempunyai artikel tersebut.

Kalau kamu tidak ingin terkesan menyalin mentah-mentah, cukup tulis kembali artikelnya dengan gaya bahasa sendiri dengan maksud dan tujuan yang sama.

Tidak suka keduanya? Bisa mencoba langkah terakhir ini, yaitu…

Membeli konten

Sebenarnya ini langkah terbaik dan yang paling sering dilakukan oleh blogger ternama seperti Darren Rowse, Michael Arrington dan lainnya.

Membeli konten atau menyewa penulis tentu akan menghasilkan konten yang asli, unik dan berkualitas. Ini akan mengehemat banyak waktu bagi pemilik blog.

Tapi permasalahannya adalah ini membutuhkan modal yang lumayan besar bagi blogger yang tidak memonetize blognya. Juga memilih penulis yang bagus dan baik itu gampang-susah, kadang portofolionya bagus tapi saat dilapangan buruk. Perlu pertimbangan yang matang.

Itulah poin-poin untuk mendapatkan konten yang baik, unik, asli dan berkualitas. Silahkan dipilih sendiri ingin menggunakan yang mana, itu terserah kamu.

Artikel lainnya:

0 Replies to “Pentingnya Konten Blog”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *