Pentingnya Link Building Untuk Blog

Link Building sangat penting bagi situs / blog yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat, dan meskipun sangat membosankan untuk dilakukan, kehebatan Link Building tidak boleh diremehkan. Sedikit definisi dari Link, Link merupakan penghubung antara satu halaman dengan halaman lainnya. Itu adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan agar Crawler membuat situs / blog kamu mendapat peringkat tinggi di Search Result. Link adalah salah satu bentuk strategi SEO termurah dan termudah. Selain itu, Link memudahkan kamu mengetahui darimana asal datangnya trafik, blog mana saja yang memberi Backlink pada blog kamu, bahkan Kamu juga berkesempatan mendapat Pagerank tinggi jika sebuah blog berkualitas memberi Backlink pada blog kamu. Bagi kamu yang menginginkan situs / blog nya SEO friendly ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Penggunaan frase keyword. Isi blog harus memiliki keyword dan frase yang saling me-link pada halaman lain agar Crawler mengetahui data-data keyword dari blog kita dan menyimpannya. Ketika pencari mengetikkan frase keyword, blog kamu akan muncul pada hasil pencarian. Lalu bagaimana agar posisi di SERP masuk 10 besar? Berikut ulasannya.

1. Keyword dalam Domain

Kata kunci yang terdapat pada nama domain sangat berpengaruh sekali dalam SERP. Beruntung jika kamu mempunyai domain yang mengandung Keyword didalam nya. Karena mudah sekali untuk mendapatkan posisi teratas di Search Result dengan Keyword yang terkandung di domain kamu.

2. Install sitemap

Ya, ini merupakan halaman yang berisi semua link di blog kita. Baik itu halaman atau artikel. Gunanya adalah agar bots lebih cepat mengindex blog kita berkat adanya sitemap.

3. Optimasi judul blog

Memberikan sejumlah keyword pada judul blog akan sangat berpengaruh pada rangking di Search Engine. Itu karena blog kamu akan lebih kuat keyword nya bukan hanya oleh Post Title (judul artikel) tapi juga Blog Title (judul blog) .

4. Penggunaan flash di blog

Menggunakan flash di situs / blog memang terlihat menarik. Juga membuat betah pengunjung. Tapi ini adalah sebuah masalah dalam indexing blog kamu karena bots sulit melakukannya dengan baik. Jadi kurangi penggunaan Flash.

5. Social Bookmark

Submit setiap artikel yang kamu publish di sebuah Web Directory seperti Digg, Reddit dan lainnya. Jika kamu sering mensubmit artikel disana maka kamu akan mendapatkan banyak backlink. Terutama submit pada Web Directory yang Dofollow.

6. Gunakan SEO Plugin

Menggunakan sebuah CMS seperti WordPress tentu akan selalu berhubungan dengan yang namanya Plugin. Gunakan Plugin SEO yang ada untuk optimasi judul post agar mendapat posisi SERP yang baik.

7. Memberikan sebuah link

Cobalah berikan orang lain link didalam sebuah posting kita pada blog orang lain. Tujuannya adalah agar si penerima link tahu bahwa kita telah memberi link pada mereka. Saya jamin suatu saat dia juga akan memberi kita Backlink.

8. Inbound Links

Semakin banyak blog / situs yang memberi blog kita Backlink semakin mudah kita mendapatkan posisi terbaik di SERP.

9. Kualitas Backlink

Google dan SE lainnya tidak sebodoh yang kita pikirkan. Mereka tahu mana link yang berkualitas dan mana yang buruk. Mendapat Backlink dari blog yang sama niche nya dengan blog kita adalah yang terbaik daripada mendapat backlink dari blog yang berbeda niche.

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *