Penyebab Bensin Tidak Masuk Ke Ruang Bakar Motor

Penyebab bensin tidak masuk ke ruang bakar motor anda kemungkinan besar karena ada permasalahan sektor pengabutan

Permasalahan bensin tidak masuk ke ruang bakar ini cukup sering dialami oleh para pengendara motor yang masih menggunakan karburator, gejala yang umum terjadi adalah motor susah di hidupkan dan jika dalam keadaan berjalan motor seperti kehabisan bensin. Sehingga permasalahan bensin tidak turun ini harus segera di cari penyebabnya.

Ketika bensin tidak turun, kita biasanya memancingnya dengan menutup moncong karbu dengan tangan sembari di stater atau di selah. Memang hal ini bisa membantu menghidupkan motor, tapi jika lantas saat di kendarai tiba-tiba mati, bagaimana? Penyebab bensin tidak turun disebabkan berbagai hal, yang akan saya bahas disini adalah yang pernah saya alami sehari-hari saat menggunakan Honda Nova Sonic 125.

Berikut rangkuman penyebab bensin tidak turun dan tidak masuk ke ruang bakar motor yang pernah saya alami selama ini:

1. Selang dan Filter Bensin Kotor

Pada motor karburator, bensin yang di tampung di tangki motor mengalir secara alami ke karburator karena terdapat gaya gravitasi. Dari karburator bahan bakar di kabutkan menjadi partikel-partikel kecil yang bercampur dengan oksigen untuk di teruskan ke mesin untuk di bakar.

Apa jadinya jika selang atau filter bensin motor kamu kotor? Tentu aliran bensin yang kudunya mensuplai pembakaran jadi terhambat. Biasanya gejala motor saat di gunakan berasa ndut-ndutan, karena aliran bensin tidak konstan.

Solusinya kamu bisa bersihkan filter bensin terlebih dahulu, jika dirasa masih bermasalah bisa ganti filter bensin dengan yang baru.

2. Selang Vakum Copot atau Mampet

Motor jaman baheula biasanya menggunakan sistem keran bensin buka-tutup. Jadi ketika motor gak dipakai keran di putar menutup, sebaliknya jika hendak di pakai baru keran bensin dibuka. Tapi di motor modern, keran bensin manual ini tergantikan oleh keran bensin vakum otomatis.

Dengan keran bensin vakum, kamu tidak perlu repot-repot buka tutup keran bensin lagi. Ketika motor tidak digunakan, aliran bensin secara otomatis berhenti karena tidak ada hisapan dari mesin yang menyebabkan terjadinya kevakuman untuk membuka keran.

Nah, ketika motor hendak dinyalakan piston menghisap udara sekaligus membuka keran otomatis yang memanfaatkan selang vakum yang terhubung antara keran vakum ke intake manifold. Sehingga keran bensin vakum terbuka dan bensin pun mengalir.

Permasalahan ini pernah saya tulis di artikel di blog ini, ketika bensin tidak masuk ke ruang bakar honda sonic 125 saya.

3. Karburator Kotor atau Rusak

Terakhir, bisa jadi karena karburator motor kamu kotor atau sudah harus di ganti. Kerusakan pada karburator umumnya di sebabkan karena partikel kotoran yang masuk ke skep dan mangkuk karburator yang sedikit demi sedikit menggores komponen karburator menjadi aus.

Kerusakan karburator biasanya karena filter udara yang di copot, sehingga debu yang masuk ke karburator lebih banyak dan menggores komponen di dalamnya seperti pilot jet, main jet, dan skep karburator.

Sedikitnya suplai bensin ke ruang bakar, bisa karena setelan pelampung yang terlalu rendah. Sehingga menyebabkan bahan bakar yang di tampung sedikit untuk di alirkan ke ruang bakar.

Kesimpulan

Itu dia beberapa permasalahan penyebab bensin tidak masuk ke ruang bakar motor, intinya kendaraan bermotor tetap harus kita perhatikan dan rawat secara berkala sehingga motor selalu berada pada kondisi terbaiknya.

Jika kamu masih mengalami masalah terkait hal ini, mari kita berdiskusi.

Artikel lainnya: